sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » Surat Cinta Untuk Para Dermawan

Surat Cinta Untuk Para Dermawan Dari Masjid Baitussalam

 

Masjid Baitussalam
Pada periode 2014-2016 Masjid Baitussalam memiliki kepengurusan yang baru, setelah terbentuk pada januari 2014 lalu, Takmir Baru telah menyusun program kerja yang akan dilaksanakan pada kepengurusan ini. program kerja tersebut ada yang melanjutkan program yang sudah ada, seperti pengajian Malam Jum'at, Kultum Bakda Maghrib, TPA dan Tadarus Remaja Putra.

Pada kepengurusan kali ini, ada beberapa program yang baru, diantaranya:

1. Kultum Subuh
  • Program ini dilaksanakan setiap hari sabtu, bakda shalat subuh. agenda ini menghadirkan pembicara-pembicara dari kalangan pengurus takmir, selain untuk belajar berdakwah , agenda ini bertujuan untuk berbagi ilmu, agar pemahaman para jamaah tentang Islam semakin bertambah, rata-rata pesertanya berjumlah 50 orang.
2. Tadarus Remaja Putri

Tadarus Remaja Putri

  • Setelah sekian tahun tidak ada kegiatan program untuk remaja putri, pada awal April 2014 agenda ini mulai dilaksanakan, acara ini sendiri rutin setiap jum'at malam sabtu setelah shalat maghrib sampai isya', selain mengumpulkan beberapa remaja putri untuk tadarus bersama, Takmir pun mendatangkan Mentor dari kampung sebelah, yang bernama Mbak Ruli, beliau diminta untuk membimbing adik-adik remaja masjid yang berjumlah 10 orang, harapannya dengan kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak yang positif bagi remaja itu sendiri.
3. Kajian Tahsin Tilawah

kajian tahsin tilawah

  • Takmir Masjid merasa perlu mengadakan program ini, sebab sekalipun para pengurus takmir sudah bisa membaca Al-Qur'an, tidak menjamin bahwa bacaan mereka sudah benar, apalagi Al-Qur'an ini berbahasa arab, yang tentu sangat berbeda dengan bahasa para jamaah, yaitu jawa. perbedaan bahasa ini pun sering memunculkan perbedaan pelafalan seperi pada huruf "Jim, 'Ain, Zai dan hukum-hukum tajwid lainnya.
4. Tadarus Bersama


Tadarus Bersama

  • Dinamakn Tadarus bersama karena kegiatan ini merupakan gabungan dari beberapa kelompok tadarus bapak-bapak dan ibu-ibu yang selama ini sudah berjalan, pengertian tadarus di sini adalah membaca Al-Quran bersama-sama, kadang-kadang para peserta diminta untuk membaca satu per satu, dipimpin oleh Bapak Kuwadi, program ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim antar para jamaah, karena program ini adalah gabungan maka wajar jumlah pesertanya cukup banyak, yaitu 50-60 orang. acara ini sendiri dilaksanakan setiap selapan sekali, yaitu pada malam senin pahing.
5. Penambahan Guru TPA
  • Pada periode sebelumnya, guru TPA Baitussalam sempat berjumlah 5 orang, tetapi karena sebagian diantara mereka ada yang menikah, kemudian mereka ikut suaminya, dan hanya tinggal 2 orang saja. Keadaan ini menjadi perhatian serius dari kami, sehingga setelah sekian lama hanya diampu oleh 2 orang, takmir masjid merekrut 3 orang guru TPA, sebab dari jumlah 2 orang guru yang ada, sangat tidak berimbang dengan jumlah santrinya, yaitu berkisar antara 30-50 santri.
Dari lima program kerja yang baru dan beberapa program yang sudah berjalan tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, pengeluaran ini digunakan untuk membeli snak, minum dan honor ustadz, jika dirinci seperti ini
  • Rekrut Guru TPA, jenis pengeluaran; uang
  • Tadarus Remaja Puri, jenis pengeluaran uang untuk Mentor
  • Kajian Tahsin Tilawah, jenis pengeluaran snak, minum dan uang untuk honor ustadz.
  • Kultum subuh jenis pengeluaran; snak dan minum
  • Tadarus Bersama pengeluaran snak dan minum
Khusus untuk Tadarus remaja putra, walaupun sudah berjalan sekian lama, tetapi baru pada periode ini Takmir Masjid Mengeluarkan dana untuk subsidi snak dan minum yang ketempatan serta honor untuk mentor.

Selain itu untuk pengajian rutin malam jum'at juga membutuhkan dana untuk sanak, minum dan honor pembicara.

Untuk itu, bagi para dermawan yang ingin menjadi donatur bebas maupun rutin, dapat menghubungi langsung ke sekretariat Masjid Baitussalam dengan alamat Dusun Pengkol-Cokrokonteng, desa Sidoarum, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta atau bisa menghubungi via telepon ketua Takmir di 0852 2979 1439 atau 0859 2055 3778.

Sekiranya ada pembaca yang mau bersedia menjadi donatur, kami sangat berterima kasih sekali, dan hanya ucapan do'a jazakumullah khairan katsiraa.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post