sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » Museum Soeharto Sebuah Tempat Wisata Jogja

Museum Soeharto (Memorial H.M. Soeharto) di Dusun Kemusuk, Sedayu



Museum Soeharto atau juga disebut Memorial Jendral Besar H.M. Soeharto terletak di Jl. Nulis - Puluhan, Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Museum ini dibangun di atas lahan seluas 3620 meter persegi, terdiri atas Joglo, Rumah, petilasan dan memorial lainnya, museum ini diresmikan oleh H. Probosutedjo pada 8 juni 2013.

Museum ini di bangun untuk mengenang jasa beliau baik sebelum menjabat presiden hingga menjadi presiden RI ke 2. Ketika memasuki museum ini anda akan disambut dengan patung  Soeharto yang berdiri tegak bak seorang jendral yang sedang memimpin upacara.

Tepat di belakang patung ini terdapat pendopo yang cukup besar, di depannya ada lagi sebuah patung berbentuk kerbau, dengan di dampingi dua anak kecil yang asyik becanda dengan kerbaunya.



Sebelah barat patung kerbau terdapat mushola mini yang indah nan cantik,terlihat sangat terawat,  sedangkan sebelah utara mushola ada bangunan diorama yang dipenuhi berbagai macam foto-foto kenangan H.M Soeharto beserta istri dan keluarga serta kolega, ada juga miniatur jaman peruangan beliau dan prajurit lainnya saat melawan penjajah.

Di ruangan diorama kita akan diperdengarkan beberapa pidato dari mantan presiden RI ke-2 ini, walau museum ini terbilang tidak terlalu besar, namun cukup untuk mengenang jasa-jasa beliau.

Saat masuk ke museum ini anda tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis, hanya sedikit uang parkir yang harus anda sediakan, selain menikmati suasana dari museum ini, anda bisa berbelanja oleh-oleh khas dari desa setempat, tersedia juga kaos-kaos yang bergambar Soeharto dengan beberapa macam tulisan dan yang paling saya ingat adalah tulisan "pye kabare le, penak jamanku to", kaos-kaos tersebut ada yang untuk ukuran anak-anak maupun dewasa.

Bagi anda yang sedang berkunjung ke jogja, tidak ada salahnya berkunjung ke museum soeharto sebagai salah satu tujuan tempat wisata anda.


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post