Menghapus Credit Link Template, Bijakkah?

Etika Memakai Template Gratisan



Template merupakan salah satu unsur terpenting pada blog, pemilihan template yang sesuai dengan perkembangan dunia ngeblog merupakan hal yang harus diperhatikan, ciri-ciri template yang baik digunakan untuk blog, harus kita ketahui, caranya adalah anda bisa mencari artikel di seacrh engine tentang template yang baik untuk blog.

Setelah anda mengetahui template dengan ciri-ciri yang bagus menurut para master, tentu langkah selanjutnya adalah memilih template yang akan digunakan, sepengetahuan saya ada ratusan template dengan berbagai modelnya yang dibagikan secara gratis, namun ada juga yang versi premiumnya.

Saya sendiri selama ini memakai template gratisan, template yang pernah saya pakai adalah template buatan kang mousir, muhammad arkam dan arlina, namun karena berbagai alasan, saat ini yang saya pakai adalah template buatan arlina design.

Pada template gratisan yang tersebar di internet banyak yang bagus dan mempunyai keunggulan yang bahkan sama dengan template berbayar, namun pada template gratisan ini terdapat sebuah link yang berada di posisi bawah (footer) template, biasanya bertuliskan 'template By .......', nah itu adalah credit link yang membuat dan membagi templatenya secara gratis.

Yang saya ketahui semua template gratisan mempunyai link footer yang sengaja dipasang oleh pembuat template, tentu dengan alasan yang beragam, namun biasanya mempunyai tujuan yang hampir sama, misal ingin menunjukan sebuah hasil karyanya, ingin ada pengakuan dari orang lain, ingin agar orang lain tahu tentang dirinya, serta agar blognya lebih familiar di internet.

Sebagai pembuat template saya kira hal itu adalah wahar, apalagi template tersebut dibagikan secara gratis, semakin banyak yang memakai template buatannya tentu ia akan semakin senang, terlebih hasil karyanya bermanfaat dan diakui oleh banyak orang.

Saya sebagai pemakai template gratis buatan mereka, juga mendapatkan manfaatnya, yaitu sebagai orang yang awam tentang pembuatan template, tentu ini mempermudah saya dalam mendapatkan template secara instan, dan tidak harus mengeluarkan uang untuk sebuah template.

Sebagi orang yang mendapatkan manfaat dari template gratisan tersebuat, tentu salah satu ungkapan terima kasih saya adalah dengan membiarkan credit link template tersebut terpasang di blog saya, toh diantara pemilik blog dan pembuat template masing-masing mendapatkan keuntungan yang banyak.

Nah, bagi anda yang risih, tidak percaya diri, dan merasa bahwa credit link tersebut mengganggu dan membuat anda merasa tidak nyaman, saran saya adalah buatlah template sendiri, atau pakailah template yang premium (berbayar), karena dengan membeli template yang versi premium, credit link footer tersebut akan dihapus oleh pembuat tempalte, bukan anda sendiri yang menghapus credit link template yang versi gratisan.

Popular posts from this blog

Syahadah Qiro'ati

Mading Remaja Masjid

Proposal Renovasi Tempat Wudlu