Ini Alasan Mengapa Anda Harus Punya Blog

Mengetahui Fungsi Blog Sebagai Penyemangat Ngeblog


Blog ini adalah satu diantara jutaan blog yang sudah eksis terlebih dahulu, saya memilih pakai blogger sebagai tempat belajar tentang dunia ngeblog, selain tutorialnya sangat banyak bertebaran di dunia maya, cara mengopersikannya pun cukup sederhana.

Nah, bagi anda yang belum punya blog, dan belum ada niatan untuk membuatnya, berikut saya paparkan beberapa fungsi blog yang saya rangkum berdasarkan pengalaman saya selama ini.


Fungsi Blog
  • Publikasi
Awal mula Blog ini hadir untuk mempublikasikan kegiatan di masjid baitussalam sidoarum godean sleman yogyakarta, kemudian pada perjalanannya admin mulai menambahkan tulisan-tulisan sederhana seputar dunia blog dan lainnya. fungsi publikasi ini cukup berarti untuk sebuah lembaga, seperti masjid, sebab dengan dipublikasikannya agenda-agenda masjid, masyarakat lebih mengetahui tentang program-program masjid yang berjalan.

  • Dokumentasi
Fungsi lain dari blog adalah untuk menyimpan data-data yang kita miliki, seperti album foto kenangan, materi-materi kuliah, artikel-artikel menarik, dan tulisan-tulisan lainnya, walaupun kita sudah membackup data-data tersebut di flashdisk, komputer dan CDR, tetapi menyimpan data-data di blog, juga penting, selain berfungsi sebagai backup, data-data yang tersimpan di blog akan lebih aman, berbeda jika di simpan di komputer atau flashdisk, jika barang tersebut hilang, maka hilangpulalah data-data yang kita miliki.

  • Hobi
Bagi anda yang suka menulis, mungkin blog adalah salah satu sarana terbaik untuk menyalurkan hobi kita tersebut, sebab tulisan-tulisan yang pernah kita posting di blog, akan bertahan lama, bahkan mungkin bisa berpuluh-puluh tahun, dan ini akan menjadi kenangan tersendiri, jika suatu saat kita membukanya kembali tulisan-tulisan yang pernah kita publikasikan di blog tersebut.


  • Media Belajar
sejak saya masuk dunia blog, banyak hal yang baru yang saya dapatkan, berawal dari kesulitan-kesulitan yang saya hadapi saat membuat sebuah blog, saya mencari jawabannya melalui google, di situ banyak sekali blog yang membahas tentang masalah yang saya hadapi, misal bagaimana mengganti template, membuat recent post, submit blog ke google webmaster, dan masih banyak lagi, di situlah saya banyak belajar dari para master blogger, bagaimana menerapkan tutorial yang dibagikan di blognya, dan hampir semua kesulitan yang saya hadapi bisa saya selesaikan lewat tutorial yang dibagikan blog lain.

  • Tempat berbagi
Berbagi adalah hal yang berguna, tentu saja bukan sembarang berbagi, tetapi berbagi yang bernilai positif, bukan berbagi hal yang dilarang hukum yang berlaku di indonesia maupun syariat islam, misalkan berbagi ilmu, tips dan trik, tutorial, desain-desain pilihan dan lain-lain, dengan harapan apa yang kita bagi dapat memberikan manfaat bagi orang lain, Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat kepada sesama?.

  • Eksistensi
Kehadiran kita di blog juga merupakan wujud dari eksistensi kita di dunia maya, apalagi jika anda adalah orang penting atau pejabat negara tentu ini menjadi salah satu sumber informasi tentang siapa diri kita, bagaimana peran kita di masyarakat, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan tugas-tugas kita sebagai abdi negara, selain itu bagi semua profesi juga tidak ada salahnya hadir di dunia maya.

  • Tempat mencari uang
Banyak para blogger yang memanfaatkan blognya untuk bisnis, misalnya jualan produk, membuka jasa, dan sebagai tempat untuk menyediakan iklan bagi para perusahaan, sebab beberapa blog dengan konten yang menarik, tentu akan banyak dikunjungi oleh para pengguna internet, semakin banyak pengunjung sebuah blog, maka tentu menjadi incaran para pebisnis dan perusahaan untuk memasang iklannya di blog tersebut, belum lagi jika blog kita diterima menjadi advertisenya google adsense, tentu menjadi salah satu ladang usaha kita yang sewaktu-waktu bisa menjadi penghasilan tetap kita.

Demikianlah, beberapa fungsi blog berdasarkan pengalaman penulis selama ngeblog, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi salah satu inspirasi anda untuk memulai membangun sebuah blog yang bermanfaat.

Popular posts from this blog

Syahadah Qiro'ati

Proposal Renovasi Tempat Wudlu

Mading Remaja Masjid