Masjid Universitas Janabadra

Masjid Universitas Janabadra Itu, Bernama Ash-Shoff


masjid ash-shoff
Universitas Janabadra merupakan lembaga perjuangan pendidikan yang berada di Yogyakarta, tepatnya di Jl. Tentara Rakyat Mataram no 57. Janabadra sendiri diambil dari seorang pujangga jawa yang hidup pada abad VII yang bernama D'Nanabadra.

Suatu ketika saat saya dalam perjalanan dari Godean menuju Jl. Tamansiswa, saya melewati jalur ini, berhubung waktu shalat Isya' telah tiba, saya menyempatkan diri mampir shalat berjamaah di sini, baru pertama kali saya masuk Masjid universitas Janabadra Jogja, saat pertama kali masuk masjid ini, saya langsung disambut sejuknya udara di ruangan ini, maklum saja, Masjid ini rupanya telah dilengkapi pendingin ruangan.

Saat itu ada satu shaff jamaah putra dan satu shaff lagi jamaah putri, yang berjamaah di situ. Ruangan masjid ini bentuknya memanjang, ukuran tepatnya saya tidak tahu pasti, tapi kira-kira menurut saya halaman utama masjid ini berukuran 8 x 20 M. 

Sepertinya Masjid universitas janabadra terawat dengan baik, kondisi kebersihannya pun cukup membuat hati saya nyaman shalat berjamaah di sini, kalau tidak salah masjid ini pun ada "Takmirnya". Takmir yang saya maksud adalah seseorang yang diberikan tugas untuk menjaga kebersihan masjid, muadzin, dan pengganti imam shalat, jika yang bertugas berhalangan hadir. 

Di Jogja "Takmir" ini biasanya sebutan yang diberikan kepada seseorang yang tinggal di Masjid, tugas-tugasnya antara lain adalah seperti yang saya sebutkan di atas. Biasanya posisi "Takmir" kebanyakan di isi oleh mahasiswa, kebanyakan dari mereka sengaja mencari tempat tinggal di masjid, selain gratis, tinggal di masjid mempunyai banyak sisi positif, salah satunya adalah, dapat menjaga shalat berjamaah.


Popular posts from this blog

Syahadah Qiro'ati

Proposal Renovasi Tempat Wudlu

Mading Remaja Masjid