Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan (Selamat Datang Ramadhan)


Tinggal beberapa hari lagi bulan ramadhan akan datang, PP Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadhan 1435 H. jatuh pada sabtu, 28 Juni 2014.  Sedangkang keputusan pemerintah melalui Kementrian Agama belum diputuskan, hari apa 1 ramadhan pada tahun ini.

Sudah sekitar 12 kali saya merasakan suasana ramadhan di Yogyakarta, tetapi keindahan suasana ramadhan di kampung halaman masih saya rasakan sampai sekarang. Walaupun aktivitas antara di kampung halaman (Cirebon) dengan di Yogyakarta tidak jauh berbeda, namun tetap saja saya merindukan kenangan bersama teman-teman sepengajian.

Tempat yang paling saya rindukan adalah Rumah paman saya Alm. K. Fajari Amir, di sini saya belajar mengaji bersama teman-teman, jumlahnya ada sekitar 10-an. walaupun Rumah itu milik pribadi, namun tempat ini serasa milik semua santri, bagaimana tidak, di rumah itu kami bebas melakukan apa saja, bermain, nonton TV, bermalam di sini dan sebagainya. Rumah ini selalu ramai dikunjungi anak-anak maupun teman dari Alm. K. Fajari Amir.

Di rumah itu kami merasa nyaman, dan tidak merasa canggung. Baik saat bulan ramadhan maupun selain ramadhan, kami sangat akrab dengan keluarga almarhum, saya merasakan sendiri, bagaimana teman-teman begitu terikat dengan rumah ini, walaupun masing-masing punya rumah sendiri-sendiri, namunkenyataannya, mereka lebih betah tinggal berlama-lama di sini.

Saat ramadhan tiba, rumah ini semakin ramai dikunjungi, baik oleh para santri sendiri, teman dari putra almarhum, maupun rekan almarhum sendiri. Aktifitas saya saat ramadhan banyak dihabiskan di sini, terutama waktu malam hari, setelah selesai tarawih, saya dan teman-teman tilawah bersama, suasananya sangat menyenangkan, di sini saya merasa termotivasi untuk tilawah selama dan sebanyak mungkin, begitu juga dengan teman-teman, merakapun saya lihat sangat bersemangat.

Selain rumah paman saya, suasana yang masih terngiang adalah rumah orangtua saya sendiri, kumpul bersama orangtua, adik, kakak dan keponakan. Sungguh suatu hal yang mengasyikkan. Saat maghrib tiba, kami berbuka bersama, saat sahur pun demikian.

Saya ingat, walaupun Ibu berjualan di pasar, namun ketika pukul 03.30, beliau selalu menyempatkan diri untuk pulang, membangunkan kami untuk makan sahur.

Kini setelah sekitar 12 - 20 tahun berlalu, kenangan itu masih tersimpan di dalam hati yang paling dalam. Orang-orang yang Saya rindukan sebagian sudah kembali pulang, seperti kedua orangtua saya, paman dan bibi saya dan sepupu saya, semuanya sudah tiada, semoga Allah 'azza wajalla mengampuni dan mengasihi mereka.

Ramadhan 1435 H. ini saya bersama keluarga yang semoga selalu dirahmati Allah akan menjalani bulan yang penuh maghfirah, rahmat dan ampunan itu, mudah-mudahan dimudahkan dalam menjalankan semua amalan-amalan yang diridhainya. Marhaban Ya Raamdhan, sebentar lagi engkau datang, semoga kita dipertemukan dalam kondisi yang menyenangkan, menggembirakan dan membahagiakan.

Popular posts from this blog

Syahadah Qiro'ati

Proposal Renovasi Tempat Wudlu

Mading Remaja Masjid