Tips Membuat Susu Kedelai

Tips Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Langu



image: hometownseeds.com/
Membuat susu kedelai adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah, sebab pekerjaan ini mudah dipraktekan, namun jika prosesnya kurang sempurna akan menghasilkan rasa langu pada susu kedelai. 

Tulisan ini adalah hasil dari praktek saya membuat susu selama berbulan-bulan, sebab dulu memang saya pernah berjualan susu kedelai dan susu kedelai yang saya jual merupakan produksi sendiri. Awal-awal saya dapat membuat susu adalah hasil dari berguru pada teman saya yang saat itu memproduksi susu kedelai.

Setelah saya belajar membuat susu, selang beberapa hari langsung saya praktekan, namun saat itu hasilnya kurang memuaskan, sebab susu kedelai buatan saya malah menghasilkan bau langu, yaitu bau khas kedelai yang digiling tanpa direbus dulu.

Dari situ, kemudian saya belajar lagi, kepada teman yang lain, yang juga berprofesi pembuat susu kedelai, selain itu saya juga membaca tips bagaimana membuat susu kedelai, dari pengalaman tersebut dapat saya bagikan kepada para pembaca, bagaimana tips membuat susu kedelai agar tidak langu.


  • Siapkan Kedelai sebanyak 200gr.
  • Silahkan rendam kedelai selama sekitar 4-6 jam. 
  • Setelah direndam, bersihkan kedelai.
  • Lalu rebus, dengan api kecil sampai mendidih.
  • Tunggu sekitar 5 menit, lalu blender kedelai sampai halus.
  • Peras sampai hanya menyisakkan ampas.
  • Rebus perasan kedelai sampai mendidih.
  • Saat merebus kedelai, tambahkan sedikit jahe dan daun pandan.
  • Setelah mendidih tambahkan gula pasir secukupnya.
  • Jadi deh...
Ket. Perbandingan Kedelai dengan Air =  200gr kedelai idealnya menggunakan 2,5-3 liter air


Popular posts from this blog

Syahadah Qiro'ati

Proposal Renovasi Tempat Wudlu

Mading Remaja Masjid