sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » Peran dan Fungsi Masjid

Menengok Salah Satu Peran dan Fungsi Masjid

 

Oleh: Zaenal Abidin


foto masjid dan kegiatannya
Peran Masjid untuk mendidik anak-anak remaja dilingkungannya sangat vital, jika remaja dibiarkan tanpa ada kegiatan-kegiatan yang bernilai positif, tentu mereka akan lari ke hal-hal yang yang bertolak belakang dengan nilai-nilai keislaman. Walaupun memang peran orangtua dan sekolah juga sangat penting, tetapi bukan berarti fungsi masjid untuk membina ummatnya menjadi tidak ada sama sekali.

Kemajuan teknologi yang semakin canggih ini, harus diakui banyak memberikan dampak yang positif bagi kehidupan ummat manusia, terlebih teknologi itu diciptakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal, namun begitu sisi lain dari kemajuan teknologi yang saat ini semakin berkembang pesat juga harus diawasi bersama, di sini peran orang tua, lembaga pendidikan dan Masjid juga sangat penting, jangan sampai hal-hal tersebut, malah memberikan dampak yang negatif bagi perkembangan anak dan remaja.

Adanya internet yang semakin tahun semakin berkembang, membuat dunia yang begitu luas, serasa lebih mudah dijangkau, lihat saja perkembangan media sosial di dunia maya, kita dengan mudah dapat menumukan teman-teman kita yang pernah satu sekolahan, kita juga dapat berkenalan dengan orang-orang yang tempat tinggalnya jauh di sana tanpa harus mendatanginya, tetapi sisi yang harus diwaspadai adalah bahwa media sosial, dapat dimanfaatkan untuk tindakan kejahatan, seperti penipuan, penculikan, pemerkosan dan lain-lain. Fenomena seperti ini memang kerap kita temui. Memang ada banyak faktor yang melatarbelakanginya, misalnya, mulai dari minimnya pengawasan orangtua, lemahnya penerapan nilai-nilai keagamaan, serta tidak adanya pembinaan aqidah dan akhlaq kepadanya.

Dari gambaran di atas, saya menilai pentingnya peranan Masjid dalam membina ummatnya, terutama yang berada di lingkungan Masjid setempat. Pembinaan ini bukan hanya ditujukan kepada orangtua, tetapi harus menyeluruh, mulai dan usia anak-anak TPA sampai lanjut usia, saya sendiri melihat bahwa program-program yang dijalankan oleh Masjid-masjid di sekitar saya, lebih banyak ditujukan kepada para orang tua, di beberapa masjid yang saya temui hampir dipastikan bahwa di situ ada kegiatan (pengajian) untuk para orang tua, tidak sedikit Masjid yang tanpa memiliki program untuk remaja.

Memang saya menyadari pentingnya pembinaan untuk para orang tua, tetapi jika masa-masa anak dan remaja tidak diperhatikan, justru ini menjadi tanda tanya besar, ke mana fungsi Masjid itu, yang sejatinya melakukan pembinaan tanpa pandang usia, tetapi justru hanya dilaksanakan untuk kalangan tertentu saja (orang tua).

Jika fungsi - melakukan pembinaan kepada seluruh jamaah tanpa pandang usia -  dijalankan, maka ini akan menjadi salah satu kekuatan tersendiri dalam menangkal kuatnya pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi, selain itu Masjid juga telah membantu para orang tua, guru-guru di sekolah, bahkan pemerintah dalam membina warganya agar menjadi manusia yang mempunyai harga diri, saling menghargai, serta bertindak sesuai dengan hukum yang berlaku di negeri ini, dengan begitu cita-cita menjadikan masyarakat yang dalam bahasa al-Qur'annya Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur, dapat tercapai, berkat usaha dari seluruh lapisan masyarakat, para orang tua, sekolah dan tentu Masjid yang ada di sekitarnya.


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post