sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » Masjid Tertua di Dunia

Mengenal Masjid Tertua di Dunia

image: beautifulmosque.com
Sejarah telah mencatat, Masjid Quba adalah Masjid tertua di dunia. Masjid ini di bangun pada abad ke-6 Masehi. Masjid ini terletak di daerah Quba, sekitar5 KM di sebelah tenggara Kota Madinah, Arab Saudi. Rasulullah SAW. adalah orang yang pertama kali membangun masjid ini.

Seiring berjalannya waktu, masjid ini telah beberapa kali mengalami renovasi dan perluasan, selain bangunan yang sudah mulai rapuh, faktor seperti kenyamanan dalam menjalankan ibadah juga menjadi alasan mengapa masjid ini di renovasi. disebutkan dalam buku "sejarah madinah munawwarah" masjid ini mengalami renovasi besar-besaran pada masa Raja Fahd bin Abdul Aziz, yaitu pada tahun 1986.

Tidak seperti masjid lainnya di Madinah, Masjid Quba mempunyai keindahan tersendiri, yaitu terdapat tanaman dan pohon pada halaman depan dan belakangnya. berjejer pula kubah-kubah besar dan kecil mengitari masjid ini, ada sekitar 6 kubah besar dan 56 enam kubah kecil, 4 buah menara serta 19 pintu, dengan 3 buah pintu sebagai pintu utamanya.

Luas keseluruhan masjid ini adalah 135.000 Meter, dengan luas ruangan shalat sebanyak 5035 meter persegi, masjid ini dapat menampung sekitar 20.000 jamaah.

*diolah dari berbagai sumber


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post