sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » Lomba Jamaah Teladan

Lomba Jamaah teladan di Masjid Baitussalam

 


Tak terasa sebentar lagi Ramadhan tiba, biasanya para pengurus takmir Masjid akan mempersiapkan diri untuk menyambutnya, begitupun dengan Masjid di kampung kami, yang sudah mempersiapkannya, dengan membentuk panitia Ramadhan 1435 H., berarti tinggal membuat dan melaksanakan program kerja yang sudah di rencanakannya.

Mencermati fenomena ummat muslim, khususnya di wilayah kami ketika Ramadhan tiba memang "unik", bagaimana tidak, dihari-hari pertama bulan Ramadhan, Masjid penuh sesak dihadiri para jamaah, namun ternyata hal itu tidak bertahan lama, pada hari dan pekan berikutnya, justru malah mengalami kemajuan yang cukup signifikan, apakah itu?, ya benar, shaf jamaah yang awalnya penuh sampai belakang, tetapi seiring berjalannya waktu, shaf-shaf itu tidak lagi penuh, banyak para jamaah, yang awalnya mengikuti shalat berjamaah di masjid, tetapi sedikit demi sedikit banyak yang meniggalkannya, ini mengakibatkan shaf shalat berjamaah di tempat kami semakin maju, yang berarti jumlah orang yang shalat berjamaah semakin sedikit.

Melihat fakta ini, akhirnya panitia Ramadhan masjid baitussalam mengadakan sebuah sayembara yang diberi tema "lomba jamaah teladan", lomba ini bertujuan agar para jamaah, tetap mempunyai semangat untuk menghidupkan bulan Ramadhan dengan alam-amal yang shalih,  dari awal sampai akhir. Lomba ini terbagi menjadi empat kelompok, yaitu; jamaah teladan bapak-bapak, ibu-ibu, remaja putra dan remaja putri,

Sistem penilaian yang dipakai untuk menentukan jamaah teladan, menggunakan parameter dari kerajinan para jamaah mengikuti shalat berjamaah di Masjid, banyaknya tilawah Al-Qur'an dalam satu bulan, keaktifan mengikuti kajian-kajian yang diselenggarakan oleh panitia Ramadhan, dan lain-lain.

Dalam pemilihan jamaah teladan ini, masing-masing peserta yang mendaftar akan diberi formulir yang sudah disiapkan oleh panitia ramadhan, di dalam formulir itu sudah ada jenis-jenis kegiatan yang harus dikerjakan, cara pengisiannya pun mudah, peserta tinggal memberikan tanda centang apabila telah melaksanakan atau silang apabila ditinggalkan. Pada formulir itu juga sudah disediakan point untuk masing-masing kegiatan. point kegiatan "A" akan berbeda nilainya dengan point kegiatan "B".

Pada lomba jamaah teladan ini, panitia telah menyiapkan hadiah, bagi peserta yang terpilih menjadi jamaah teladan, tetapi pada prinsipnya tujuan utamanya dari lomba ini bukan pada bagi-bagi hadiahnya, tetapi bagaimana memotivasi jamaah, supaya tetap semangat dalam menjalankan ibadah di bulan ramadhan, apabila di bulan ramadhan terbiasa melaksanakan sholat berjamaah, tilawah al-Qur'an, dan kegiatan positif lainnya, maka harapan yang muncul dari panitia ramadhan adalah, semoga kebiasaan-kebiasaan baik di bulan ramadhan akan terbawa pada bulan-bulan berikutnya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post