sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » Desa di Kecamatan Godean

Desa di Kecamatan Godean Sleman

Nama-nama desa di Kecamatan Godean

foto: sleman-godean.blogspot.com

Kecamatan Godean merupakan 1 dari 17 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Sleman, bersama kecamatan Moyudan, Seyegan dan Minggir, kecamatan ini sering disebut sebagai wilayah Sleman Barat. di kecamatan Godean sendiri terdapat 7 desa, yaitu; Sidoarum, Sidokarto, Sidomoyo, Sidomulyo, Sidoagung, Sidoluhur dan Sidorejo. dan total dusun yang terdapat di kecamatan ini sebanyak 77 Dusun.



  1. Desa Sidoarum
    • Desa sidoarum memiliki luas 306,37 ha, dengan tingkat kepadatan 4115 jiwa / km2, desa ini memiliki 8 dusun, yaitu; Bantulan, Beji, Cokrobedog, Cokrokonteng, Kramat, Potrowangsan, Sebaran dan Tangkilan. Saat ini penulis sendiri tinggal di Dusun Cokrokonteng RT. 04 RW. 02, di dusun ini sudah berdiri beberapa Perumahan, yang paling besar dan terkenal adalah Perumahan Palem Hijau.
    2.  Desa Sidokarto
    • Di desa ini memiliki desa wisata yang diberi nama Desa wisata sidoakur, diresmikan pada tahun 2009, desa wisata ini terletak di dusun jethak II, ada beberapa potensi wisata yang dapat dinikmati di sini, diantaranya; kesenian hadroh, pengolahan limbah menjadi kompos, macapat dan musik kentongan kelompok ronda.
    3. Desa Sidomoyo
    • di Desa ini ada 11 dusun, yaitu; Ngrenak Lor, Ngrenak kidul, Krandon, Karakan, Pete, Tegalan, Dukuh, Karanglo, Simping, Beluran dan Sawahan. Luas wilayah desa ini mencapai 274,53 ha. pada periode 2014-2020 desa ini dipimpin oleh Bapak Hariyadi.
   4.  Desa Sidoagung
    • Di Desa ini terdapat 8 Padukuhan, yaitu; Senuko, Sentul, Godean, Genitem, Jowah, Bedungan, Kramen dan Gentingan, Desa ini memiliki luas 301,21 ha. Yang terkenal dari desa ini adalah Pasar Godean, pasar ini merupakan pasar tradisional, yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok, sayuran, alat rumah tangga, lauk-pauk dan lain-lain, pasar ini pula terkenal dengan kuliner Keripik belut, disepanjang pasar ini, ada sekitar 30-an pedagang keripik belut, namun sejak Maret 2014, oleh Pemerintah Kabupaten Sleman, para pedagang keripik belut telah diberikan pasar khusus, pasar ini diberi nama Sentra Keripik Belut, terletak di Sebelah timur Pasar Godean, jarak dari pasar Godean ke sentra keripik belut, sekitar 100 m.
    5. Desa Sidorejo
    • Desa Sidorejo merupakan desa yang terluas di Kecamatan Godean, desa ini memiliki 13 Padukuhan, yaitu; Pare kulon, Pare tengah, Pare dukuh, Dongkelan, Kemirisewu, Ganjuran, Sangonan, Kleben, Jering VI, Jering VIII, Bantut, Kliwonan dan Kwagon. di Desa ini terdapat sentra produksi Genteng, tepatnya di Dusun Kwagon.
    6.  Desa Sidoluhur
    • Desa ini terdapat 15 Padukuhan, Berjo wetan, Berjo kulon, Berjo kidul, Ngabangan, Jowah, Kunden, Pandean, Dadapan,  Gatak, Serangan, Krajan, Kragilan, Mertosutan, Tebon dan Sokonilo. 
    7.  Desa Sidomulyo

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post